Sunday, December 25, 2016

Begini Niihh...Uang Rupiah Terbaru Kita

Mungkin banyak dari kita yang belum tau bahwa baru - baru ini Bank Indonesia mengeluarkan uang rupiah terbaru. Mungkin juga banyak yang sudah mendengar ini tapi belum tau persis bagaimana bentuk, desain, ataupun nama tokoh yang terdapat di uang rupiah terbaru kita yang dikeluarkan tanggal 19 Desember 2016. Berikut ini merupakan gambar uang rupiah kertas yang terbaru (ini uang asli beneran yaa...)


Selain uang kertas, Bank Indonesia juga resmi mengeluarkan uang logam yang terbaru. Uang logam ini tidak berwarna dan ukurannya lebih besar dibandingkan uang logam yang lama.


Uang baru yang dirilis juga terdapat tokoh nasional yang menggantikan tokoh sebelumnya. Satu persatu kita bahas yah...
  • Uang baru Lima Puluh Ribu Rupiah


Pada uang lima puluh ribu rupiah yang lama terdapat tokoh nasional Bapak I Gusti Ngurah Rai. Namun pada uang lima puluh ribu rupiah yang terbaru diganti dengan tokoh nasional Bapak Ir. H. Djuanda Kartawidjaja seperti gambar diatas. 

  • Uang baru Dua Puluh Ribu Rupiah

Uang dua puluh ribu rupiah juga mendapatkan desain terbaru yaitu tokoh nasional yang lama Bapak Oto Iskandar Dinata digantikan dengan tokoh nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi seperti gambar diatas. 
  • Uang baru Sepuluh Ribu Rupiah

Selanjutnya pada uang sepuluh ribu rupiah terdapat tokoh baru yaitu Bapak Frans Kaisiepo yang menggantikan tokoh nasional Sultan Mahmud badaruddin II seperti yang terlihat pada gambar diatas.
  • Uang baru Lima Ribu Rupiah

Pecahan lima ribu rupiah juga tak luput dari pergantian. Desain yang lama bergambar tokoh nasional Tuanku Imam Bonjol kini berganti dengan tokoh yang baru yaitu Dr. K.H Idham Chalid seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Uang baru Dua Ribu Rupiah

Kali ini pada uang baru dua ribu rupiah terdapat tokoh Bapak Muhammad Husni Thamrin yang menggantikan tokoh sebelumnya yaitu Pangeran Antasari seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Uang baru Seribu Rupiah

Dan yang terakhir adalah uang baru seribu rupiah dimana terdapat pergantian tokoh nasional wanita menjadi Tjut Meutiah menggantikan tokoh nasional yang lama yaitu Kapitan Pattimura seperti terlihat pada gambar diatas. Namun gambar Tjut Meutiah ini mendapatkan kritik dari salah seorang netizen karena Tjut Meutiah tidak mengenakan jilbab. Ia berpendapat bahwa Tjut Meutiah adalah perempuan muslim dari Serambi Mekah yang seharusnya menutup aurat termasuk rambut dan kepalanya. "Tjut Meutiah ahli agama dan ahli strategi, bukan ahli agama jika tak menutup aurat", tulisnya. Namun hal ini ditanggapi oleh cucu Tjut Meutiah bernama Teuku Rusli yang mengatakan "orang Aceh tidak mengenal jilbab, yang ada hanya tutup kepala seperti di Sumatera Barat. Kain atau selendang panjang dililit ke bawah dagunya, kemudian selendang ditarik ujungnya, dikedepnkan atau dikebelakangkan sehingga kepalanya tertutup".

Uang rupiah terbaru ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan uang rupiah yang lama yaitu selain desainnya yang lebih bagus juga pengamanan uang baru ini ternyata memiliki 9-12 pengaman. Salah satu pengamannya yaitu dari segi warna dan ultraviolet. 

Gubernur Bank Indonesia berharap masyarakat Indonesia bisa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia dengan tidak merusak uang rupiah berupa melipat, meremas, membasahi bahkan mencoret - coret di uang rupiah. 

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment