Monday, May 1, 2017

Penyebab Penelitian Karya Ilmiah Mahasiswa Sering Ditolak Dosen

    Penelitian merupakan tugas akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi sebagai salah satu syarat untuk wisuda baik itu berupa skripsi, tesis ataupun bentuk disertasi. Umumnya mahasiswa yang menjalani proses skripsi sering terkendala atau bahkan ditolak berulang kali oleh dosen pembimbing untuk segera dilakukan revisi/perbaikan. Hal ini cenderung membuat mahasiswa menjadi putus asa, frustasi hingga akhirnya tidak mengerjakan syarat tersebut. 


    Tapi, tahukah apa yang menjadi kesalahan dasar yang membuat penelitian tersebut ditolak oleh dosen ? Berikut ini penjelasannya.
  • Bab I (PENDAHULUAN)

Bagian terpenting dari Bab I adalah Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, dan Tujuan Penelitian. Selebihnya adalah pengembangan tersendiri oleh peneliti mengenai isi Bab I. Contoh : Identifikasi Masalah, Asumsi dasar, Defenisi Operasional Variabel. Namun, penulisan Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian memiliki syarat dan teknik tersendiri yang harus berkaitan dengan Judul Penelitian. Hal ini yang jarang diketahui oleh mahasiswa karena tidak terdapat petunjuk penulisan isi kalimatnya di buku manapun. Berikut ini contoh penulisan Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian yang salah dalam penulisan karya ilmiah.

- Judul Penelitian   : Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai PT. Antah Berantah                                   Medan
- Rumusan Masalah : " Bagaimana Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai PT. Antah                                     Berantah Medan ?"
- Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan agar sumber daya manusia di PT. Antah                                         Berantah Medan dapat meningkat



Harusnya yang benar adalah :


  • Bab II (Kajian Pustaka)
Bagian terpenting dari Bab II adalah penulisan Hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban/dugaan sementara dari penelitian yang akan dilakukan. Dalam penulisan hipotesis haruslah kalimat yang ditulis memiliki keterkaitan dengan kalimat pada Rumusan Masalah. Berikut ini merupakan contoh penulisan Hipotesis yang benar pada penelitian :


Selebihnya pada Bab III merupakan metodologi penelitian yang menjelaskan lebih lengkap mengenai langkah - langkah penelitian yang akan dilakukan. Misalnya : Tempat dan Waktu penelitian, Populasi dan Sampel, Teknik Analisis Data, dan sebagainya.

Demikian uraian penjelasan ini. Semoga bermanfaat. 

Penulis : Muhammad Iman Hidayat




0 komentar:

Post a Comment