Monday, June 26, 2017

Lectora, Media Pembelajaran Dengan Teknologi


Perkembangan teknologi saat ini sangat menakjubkan, terlebih di bidang Electronic Learning (e-learning). Hal ini menjadi kebutuhan dalam belajar mandiri secara cepat dalam pengetahuan. 


Lectora merupakan suatu program aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Trivantis yang memungkinkan individu atau kelompok dengan mudah membuat konten interaktif sesuai dengan yang dibutuhkannya. Lectora mendukung berbagai jenis media umum, termasuk teks, gambar, audio, video, animasi dan teknologi internet bahkan tipe file yang popular seperti shockwave, flash, html, java, javascript, ASP NET dan Cold Fushion sehingga dapat dengan mudah mengimpor rollover, tomol, animasi .gif, tanpa memerlukan pengetahuan pemograman dan dapat menyelaraskan berbagai objek. Hal ini menjadikan Lectora menerima 5 penghargaan di tahun 2013 sebagai teknologi e - learning terbaik  dan lebih dari 50 perusahaan atau instansi di dunia memilih Lectora. 


Lectora merupakan program berbayar yang harga lisensinya mencapai kisaran Rp. 26 juta - Rp 30 juta, namun Trivantis juga mengeluarkan versi demo yang tidak berbayar yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk pengembangan media pembelajaran interaktif. Untuk versi tidak berbayar, setelah media Lectora selesai diciptakan, maka akan muncul tulisan "This Title was created with a demonstration version of Lectora", yang maknanya media ini dibuat menggunakan versi demo Lectora. Tetapi tampilan ini  tidak akan menganggu pemakaian media karena tampilan ini hanya muncul sekali pada saat pertama kali mengakses media dan dengan meng-klik "OK", maka tampilan tersebut tidak akan tampak lagi. 

Berikut ini merupakan video mengenai Lectora yang dapat anda lihat untuk mengetahui sedikit lebih jauh mengenai Lectora.







Tertarik ? Silahkan mencobanya. 


0 komentar:

Post a Comment